Superskor

Liverpool vs Manchester City: Fan di Anfield Untungkan The Reds

Fan Liverpool di Anfield diyakini akan memberikan semangat besar pada Mohamed Salah dan kawan kawan sehingga performa mereka bisa meningkat pada laga akhir pekan ini. Liverpool akan menghadapi Manchester City pada pertandingan pekan Ke 7 Liga Premier yang akan digelar di Anfield, Minggu (3/10/2021). Mohamed Salah telah menunjukkan performa yang konsisten selalu mencetak gol dalam empat pertandingan terakhir di Liga Premier.

Dalam enam pertandingan baik di kandang maupun di laga tandang, dia telah mencetak 5 gol dan 2 asis di Liga Premier. Manchester City telah mengakhiri penantian panjang mereka untuk bisa menang di Anfield dengan kemenangan 4 1 pada Februari lalu. Tetapi mereka belum pernah menang dalam pertandingan di Anfield yang penuh dengan penonton sejak 2003.

Selain itu, Liverpool belum pernah kalah berturut turut melawan Manchester City dalam pertandingan liga sejak kalah empat pertandingan antara 1935 dan 1937. Manchester City menang 4 1 saat di Anfield musim lalu, mengakhiri 17 pertandingan liga tandang tanpa kemenangan di Anfield. The Citizens belum pernah memenangkan pertandingan liga berturut turut di Anfield sejak Januari 1953.

Sehingga dengan adanya penonton dalam pertandingan ini, Liverpool lebih diunggulkan untuk bisa menang atas City. Laga ini mempertemukan dua tim yang menempati peringkat dua besar. Liverpool satu satunya tim yang tidak terkalahkan di Liga Premier berada di peringkat satu dengan 14 poin, sedangkan City berada di peringkat kedua dengan 13 poin.

Hingga pertandingan Ke 6, ada lima tim yang sama sama mengumpulkan 13 poin. Selain City, ada Chelsea, Manchester United, Everton, dan Brighton yang telah mengumpulkan 13 poin. Mereka juga bersaing ketat dengan City yang unggul selisih gol membuat mereka menempati peringkat 2. Liverpool dan City akan melanjutkan pertempuran mereka untuk berebut posisi teratas.

Sementara, Chelsea dan Manchester United juga berusaha untuk kembali berada di jalur juara. Di bawah Manajer Pep Guardiola dan Jurgen Klopp, City dan Liverpool telah menjadi kekuatan dominan dalam sepak bola Inggris, dua tim ini telah menguasai empat gelar juar Liga Premier terakhir. City yang telah memenangkan tiga juara Liga Premier di antaranya, telah memberikan tembakan peringatan kepada Chelsea yang berhasil mereka kalahkan dengan skor 1 0 pada akhir pekan lalu.

Tapi Liverpool pada awal musim ini menjadi satu satunya tim di Liga Premier yang memiliki rekor tak terkalahkan setelah enam pertandingan. Mereka unggul satu poin dari City, Chelsea, dan United meskipun mereka kehilangan dua poin di Brentford pekan lalu. Masalah kelelahan pemain bisa berdampak pada skuat Guardiola setelah melakoni pekan yang menguras tenaga.

Tiga hari lalu, setelah mereka menang atas juara Liga Champions Chelsea di Stamford Bridge, juara Inggris itu dikalahkan Paris Saint Germain dengan skor 0 2 di Paris. Sebaliknya, Liverpool meraih kemenangan 5 1 Liga Champions atas Porto. Namun pada laga ini The Reds tidak akan diperkuat bek kanan Trent Alexander Arnold yang diumumkan oleh pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate mengalami cedera pangkal paha.

"Jelas ketika Anda memiliki sesuatu dengan otot Anda, itu tidak mungkin diturunkan untuk hari pertandingan Minggu. Tidak ada cedera otot yang sembuh secepat itu," kata Klopp. City tetap menjadi tolok ukur bagi Liverpool. City telah memenangkan gelar Liga Premier selama tiga dari empat musim terakhir, dengan gelar liga pertama Liverpool selama 30 tahun direbut pada musim 2019/2020.

Chelsea dan Manchester United muncul sebagai penantang gelar juara musim ini setelah menghabiskan banyak uang di bursa transfer. Tapi Klopp yakin City tetap menjadi tim unggulan seperti yang mereka tunjukkan dalam kemenangan 1 0 di Chelsea akhir pekan lalu. "Menurut saya, mereka masih benar benar tim terbaik di Eropa saat ini dan itu sulit," kata Klopp dikutip AFP.

"Akhir pekan lalu, mereka bermain melawan Chelsea dan semua orang membicarakan Chelsea, betapa bagusnya mereka. Tapi City jelas lebih baik hari itu," katanya. Manajer City, Pep Guardiola mengatakan pada hari Jumat bahwa duel pribadinya dengan Klopp telah membuatnya menjadi manajer yang lebih baik. Dalam 21 pertemuan antara keduanya, keduanya sama sama menang sembilan kali dengan tiga kali seri.

Liverpool unggul satu poin dari City, Chelsea dan United di puncak klasemen. Tapi Klopp tahu timnya harus dalam kondisi terbaik untuk bertahan di sana pada Minggu malam. "Ini adalah pertandingan yang sangat spesial musim ini, setiap tahun selalu sama. Itu harus sangat intens karena jika tidak intens, saya akan mengatakan bahwa City sangat sulit untuk dilawan," tambahnya. "Anda harus berani, Anda harus menjadi yang terdepan, Anda harus nakal di saat saat tertentu, Anda harus benar benar menjadi versi terbaik Anda dan kemudian, tetapi hanya dengan begitu, Anda memiliki kesempatan," katanya.

Trent Alexander Arnold dan Thiago Alcantara keduanya akan absen untuk The Reds karena cedera, tetapi Klopp berharap keduanya akan fit untuk kembali setelah jeda internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published.